Senin, 28 September 2009

Menggunakan Styles dalam Word 2003

Style merupakan sekumpulan format yang dapat digunakan pada teks, tabel dan daftar pada dokumen Microsoft Word secara cepat.
Dengan menggunakan style, Anda dapat melakukan sekumpulan format dengan hanya satu perintah sederhana.

Misalnya, Anda ingin menggunakan format huruf Arial, ukuran 16 pt, cetak tebal dan rata kiri, hal ini dapat Anda lakukan dengan satu langkah, yaitu menggunakan style Heading 1.

    Jenis-jenis Style:
  1. Paragraph style: untuk perataan teks, mengatur tab stop, jarak baris, dan border.
  2. Character style: digunakan untuk teks dalam paragraf, seperti font dan ukuran teks, dan format cetak tebal atau miring.
  3. Table style: untuk pengaturan tampilan border, shading, perataan dan font dalam tabel.
  4. List style: untuk pengaturan perataan, penomoran atau bullet, dan font pada daftar.
Anda dapat menggunakan dan melihat tampilan style pada task pane Styles and Formatting.
    Menggunakan Style
  1. Pilih obyek misalnya paragraf atau karakter yang akan diformat.
  2. Klik tanda panah pada kotak Style di Formatting toolbar styles_toolbar - computer1001.blogspot.com dan pilih style yang diinginkan.
    Memodifikasi Style
    Bila style yang tersedia tidak memiliki karakteristik yang Anda inginkan, Anda dapat membuat style yang baru. Mengubah style pada obyek dapat digunakan secara cepat dengan memodifikasi style.
    Misalnya Heading 1 yang digunakan akan diubah jenis font-nya menjadi Tahoma, maka Anda tidak perlu mengubah setiap heading yang diberi format Heading 1.
    Anda hanya perlu memodifikasi style yang digunakan tersebut, yaitu:
  1. Dari menu Format pilih Styles and Formatting atau klik tombol Styles and Formatting styles_and_formatting_button - computer1001.blogspot.com pada Formatting toolbar untuk memunculkan task pane.

  2. styles_and_formatting_taskpane - computer1001.blogspot.com
  3. Tempatkan kursor pada kotak Formatting of selected text dan klik tanda panah yang muncul. Pilih Modify untuk menampilkan kotak dialog Modify Style.
  4. Klik OK apabila Anda telah selesai memodifikasi style

  5. Microsoft Word juga dapat membantu Anda untuk memodifikasi sebuah style secara otomatis, misalnya Anda memiliki beberapa teks dengan format Heading 1.
    Perubahan format pada salah satu teks yang memiliki style heading tersebut akan secara otomatis di-update oleh Microsoft Word pada seluruh teks dengan format Heading 1 dalam dokumen.
    Caranya: di kotak dialog Modify Style, beri centang pada Automatically update.

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet