Rabu, 07 Oktober 2009

SOFTWARE SCREEN RECORD

SOFTWARE SCREEN RECORD

Karena kita akan membuat materi video tutorial, sebagai contoh kita akan membuat tutorial komputer, kita membutuhkan software untuk merekam gerakan kita di komputer (screen record). Ada banyak software yang bisa Anda gunakan, mulai dari yang gratis hingga yang berbayar. Anda bisa menggunakan Camtasia Studio sebagai software screen record yang bisa Anda download disini. Atau klik disini untuk mendownloadnya



  1. Langkah awal adalah download dulu software diatas dan install programnya, setelah selesai jalankan software tersebut.
  2. Sebelum Anda merekam, saran saya atur terlebih dahulu output file. Caranya, pada jendela Camtasia Recorder, Klik ToolsOptions. Pada tab Capture pilih saja pilihan Save as AVI pada kolom File Options.

  3. Pilih area yang Anda kehendaki untuk direkam
    Region of the screen, bila Anda ingin memilih secara bebas area yang akan direkam. Specific window, bila Anda ingin memilih jendela tertentu yang akan direkam. Entire screen, bila Anda ingin satu layar penuh untuk direkam.
  4. Anda juga bisa menentukan media audio dan video (bila menggunakan camera) mana saja yang akan dimasukkan kedalam rekaman Anda.
  5. Langkah selanjutnya adalah memilih perangkat audio yang akan digunakan untuk input suara, bisa melalui microphone, speaker audio, microphone dan speaker audio, ataupun secara manual.
  6. Setelah semua setting diatur, berikutnya adalah dengan meng-klik tombol RECORD.Mulai deh bercuap-cuap seolah-olah sedang memberikan materi pada peserta didik. Bisa juga dengan menggunakan tombol F9 untuk Start/Pause dan F10 untuk Stop merekam.
  7. Langkah terakhir adalah menyimpan hasil rekaman Anda.

Anda bisa meng-edit hasil rekaman Anda sebelum diupload dan di-publish dalam website Anda. Tunggu tulisan saya selanjutnya yang Insya Allah akan membahas tentang tata cara meng-upload gambar dan video di internet, sekaligus disisipkan kedalam website Anda.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat…


0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet