Minggu, 03 Agustus 2014

Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop

Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop ini Karya : Agi Manik Laga, bukan maksud untuk menggurui hanya sekedar berbagi pengalaman saja… kalo berbagi ilmu saya masih harus belajar,,,,, sama” belajar aja otreh setuju ya….

Tutorial ini saya mengambil stock foto dari deviantart punya’y Alvin Photography maaf om saya pinjem fotonya buat belajar,, mudah”an ga tau hehehe….
Tutorial ini juga hasil eksplorasi saya berkat tutorial dari Master Guru Baju Imaginer dan Bimbingan Bang Didi Hermansyah,, bisa deh buat yang beginian meski masih kalah jauh di banding karya-karya Master Guru Baju Imaginer salah satu Favorit saya dah kalo soal si Smudge mah cetar membahenol morat-marit halilintar…
Jadi intinya ini tutor bukan pure (apaan sih pure : murni-murni) tutorial dari saya ….
 safe image.php?d=AQC97xkvi01Sm9de&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos c.ak%2Fhphotos ak prn2%2F988487 392665220839749 810450968 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop

LANGSUNG KE KTP
1. Siapkan Stok foto  DOWNLOAD DISINI yang akan kita gosok, untuk resolusi foto asli low ress sih tapi ketajamannya cukup baik untuk kita gosok dengan dimensi 468×700 pixel,, kita ubah dengan menekanCTRL+ALT+I menjadi width : 2000 heigth : 1337,, karena akan berpengaruh pada ukuran brush yang akan kita gunakan.
safe image.php?d=AQBn IRQGVtQzL9q&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos g.ak%2Fhphotos ak ash3%2Fp206x206%2F942314 392914544148150 456758529 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
2. Setelah resolusi foto kita ubah, di sini saya sedikit mengatur tone color menggunakan plugin perfectly clear, atau apabila tidak mempunyai pluginnya bisa juga dengan mengatur Brigthness/contrast + Level (note: plugin tidak menjadi acuan, itu karna saya sudah terbiasa saja menggunakan plugin tersebut) perubahan pun tidak terlalu menonjol.
safe image.php?d=AQC bsrNnyO8cGjy&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos a.ak%2Fhphotos ak ash3%2F942314 392914540814817 1957721142 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
3. Siapkan beberapa brush seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
    – FAUX FINISH BRUSHES (default’y photoshop)
    – GRUNGE BRUSHES BY TALEI STOCK DOWNLOAD DISINI
    – SMUDGE SET1 FROSBO (yang gambar paling bawah salah text mu di edit tanggung hehe)
       DOWNLOAD DISINI
safe image.php?d=AQC5aN02 FwGrEgh&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos h.ak%2Fhphotos ak ash3%2F941137 392912227481715 1621658254 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
4. Klik Filter>>Filter Gallery>>Brush Strokes>>Crosshatch seperti terlihat pada gambar 
Note : nilai Stroke Length+ sharpeness+ Strength tidak menjadi acuan,, tergantung kualitas dari foto tersebut
safe image.php?d=AQD PynatF809N2v&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos b.ak%2Fhphotos ak ash3%2F941137 392912230815048 2045293674 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
5. Masih di dalam filter Gallery klik new layer (gambar kertas dikanan bawah) Artistic>>paint Daubs
sesuai seperti terlihat pada gambar.
Note : nilai brush size + sharpeness tidak menjadi acuan,, tergantung kualitas dari foto tersebut
safe image.php?d=AQDMmhWGmp9PUA8S&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos d.ak%2Fhphotos ak prn1%2F941137 392912234148381 1517287749 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
6. Gosok seluruh objek menggunakan Smudge Tool, saya terlebih dahulu biasa menggosok bagian-bagian seperti lekukan pada wajah hidung baju, untuk rambut ikuti arah rambut terjatuh naik turun.
- untuk bagian rambut saya menggunakan Brush Faux Finish Plastic Wrap Ligth 90 Pixel dengan Diameter Brush: 60-70, Strength: 70-80 apabila ada bagian yang belum tergosok jangan sungkan untuk memperkecil diameter brush untuk bagian terkecil.
- untuk di bagian Kulit saya menggunakan brush Faux Finish Stencil Sponge – Twirl dengan Diameter Brush: 20-30, Strength: 50-55, dan untuk memperhalus saya menggunakan brush GRUNGE BRUSHES BY TALEI STOCK Strength: 20-30
-untuk bagian baju saya menggunakan Brush Faux Finish Stencil Sponge – Twirl dengan Diameter Brush: 60-70, Strength: 60-70 apabila ada bagian yang belum tergosok jangan sungkan untuk memperkecil diameter brush.
sebelum dan sesudah terlihat pada gambar di bawah ini.
safe image.php?d=AQA3nk08ttlcvE9l&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos f.ak%2Fhphotos ak ash3%2F941137 392912237481714 1038064176 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
7. Hasil gosokan pertama. (loooohh pertama emang berapa kali gosok ??? saya juga masih mengeksplore gimana caranya biar cuma satu kali gosok)
safe image.php?d=AQAJr9oLPnZzXMV0&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos g.ak%2Fhphotos ak prn1%2F941137 392912240815047 562514463 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
8. Klik Filter>>Noise>>Reduce Noise atur kembali nilainya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
safe image.php?d=AQATo6azJjtI5mRE&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos a.ak%2Fhphotos ak ash4%2F1044835 392913710814900 668500647 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
9. Klik Filter>>Filter Gallery>>Artistic>>Paint Daubs atur kembali nilainya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
safe image.php?d=AQCscGJKQXW6MY0A&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos c.ak%2Fhphotos ak frc3%2F1044835 392913714148233 2079551018 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
10. Gosok kembali seluruh objek dengan brush yang sama seperti gosokan pertama, atur strength sesuai selera, jangan sungkan memperkecil diameter brush untuk bagian terkecil.
safe image.php?d=AQDKwUPTtk69eMYv&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos e.ak%2Fhphotos ak ash4%2F1044835 392913717481566 1607161337 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
11. Tekan CTRL+L pilih channel blue atur nilainya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
safe image.php?d=AQAo 6xYKldKGhmr&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos f.ak%2Fhphotos ak ash4%2F1044835 392913720814899 1379606794 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
12. Buat layer baru di bawah layer objek untuk membuat background, disini saya menggunakan Jenis BrushSMUDGE SET1 FROSBO-Smudge 14 diameter brush : 500 pixel seperti terlihat pada gambar di point 3 paling bawah.Atur warna brush untuk Forebackground : Hitam, dan Background: putih ataupun sebaliknya, gosok secara acak seperti terlihat pada gambar.
safe image.php?d=AQDR82LqudV8m6ZO&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos d.ak%2Fhphotos ak ash3%2F942314 392914530814818 829578970 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
13. Tekan CTRL+L pilih channel blue atur nilainya seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
safe image.php?d=AQDmzB9fouxqb wh&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos e.ak%2Fhphotos ak ash3%2F942314 392914534148151 405621804 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
14. Terakhir lakukan teknik masking di layer objek seperti terlihat pada gambar gunakan kembali jenis brush sama dengan jenis brush untuk membuat background timpa brush di bagian yang akan kita lakukan masking seperti di bawah atau di tepi rambut.  
safe image.php?d=AQDBif mPE1emErM&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos c.ak%2Fhphotos ak prn1%2F942314 392914537481484 159011225 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
15. Silahkan mengeksplorasi sesuai keinginan masing-masing tapi jangan lupa untuk kasih tau juga saya hehehe… 
safe image.php?d=AQC97xkvi01Sm9de&url=http%3A%2F%2Fm.ak.fbcdn.net%2Fsphotos c.ak%2Fhphotos ak prn2%2F988487 392665220839749 810450968 n Tutorial Smudge Painting Dengan Photoshop
Click Foto to My Collection
Apabila menemukan kesulitan yukk kita sharing sama”…..


Semoga Bermanfaat
Share |

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet