Minggu, 03 Agustus 2014

Tutorial Vexel dengan Photoshop

Tutorial  Vexel dengan Photoshop  Created By Fadli Ibnu Malik – Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada pembaca yang sudah pada mampir lihat serta belajar dari tutor saya ini. Oke disini saya kasih beberapa tahapannya, ini hasil dari pengalaman saya dalam membuat vector, jadi mohon maaf kalau misalkan tutorial saya ini kelihatan sama tekniknya sama orang lain, karena saya juga belajar dari orang lain, tapi disini saya hanya berbagi pengalaman saya serta ilmu yang saya dapatkan dari berbagai referensi yang saya dapat. Dan ini dia step by stepnya :
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
1.    Step 1
Pertama buka dulu  foto yang akan diedit jadi vector, dengan menekan tombol Ctrl+O atau klik File->Open
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
2.    Step 2
Duplicate layer dengan menekan tombol Ctrl+J, Letakkan layer aktif dilayer Background
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Buat layer, tekan tombol Ctrl+Delete supaya layer tersebut terisi warna dan beri nama Background
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
3.    Step 3
Klik Pentool, dengan ketentuan kaya gambar dibawah ini :
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Barulah mulai tracing, kalo saya sih mulainya bagian rambutnya dulu, soalnya paling mudah
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Nah kalo sudah selesai, klik tombol mata, itu yang dilingkari merah biar tau hasil yang ditracing tadi
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
hasilnya kaya gini nih
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
4.    Step 4
Lanjut ke bagian lain, jangan lupa letakkan layer aktifnya di Background yang udah dibuat tadi
Di step ini saya buat Line Art nya dulu saya di mulai dari mata nih, oh ya ada tips nih dari saya kalo mau buat yang lancip tracing seperti biasa tekan tombol Alt sambil klik kembali, atau lebih jelasnya klik yang dilingkari merah itu.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Tuh kan jadi ilang si garis lurus yang tadi, baru deh disambungin sampe ujung yang satunya lagi :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Biar ngga terlalu banyak shape, klik Add to shape area atau tekan tombol (+)
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Disini saya ngetrace keseluruhan matanya dulu terus yang tengahnya dilubangin pake Subtract from shape area atau lebih tepatnya pake tombol (-), ingat ya kalo mau cara kaya gini klik dulu bagian yang mau lubanginnya lihat pada gambar untuk lebih jelasnya dah :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Dan beginilah hasilnya kalo dicek :3 , Tinggal tracing yang bagian lain dah :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Dah jadi nih, hehehe icon smile Tutorial  Vexel dengan Photoshop kalo bagian bola matanya aya pake Ellipse Tool (U)
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Biar ngga ribet saya suka di grup dulu, tinggal kilk layer yang mau grup terus tekan Ctrl+G, saya beri nama grup tersebut Hair untuk Shape 1 dan Line Art untuk Shape 2
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
5.    Step 5
Di langkah ke 5 ini, bagian coloringnya gan. Saya mulai dari bagian matanya dulu ya! Mohon maaf juga nih bagi agan agan/sis disini saya ngga pake Posterize, soalnya udah kebiasaan saya nih :3 dulu sih sempet pake tapi semakin lama semakin ke sini saya jadi ngga pake nih. :3 (sedikit curhat :D)
untuk coloring tempatkan layernya di bawah Line Art tadi gan, kalo diatasnya ya jelas bakal ke tutup nantinya :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Saya buat bagian Shape dengan warna abu-abu sebagai warna dasar, lihat gambar diatas.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Dan diatasnya saya buat Shape dengan warna putih, tentunya lebih terang dari warna tadi.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
INTINYA DALAM COLORING HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN ITU, SHAPE/LAYER YANG PALING ATAS PAKE WARNA YANG LEBIH GELAP ATAU LEBIH TERANG DARI SHAPE/LAYER DASAR.
Nah kalo terjadi seperti ini, bahkan saya sering begini kalo males tracing (intinya sih biar cepet nyambungin si shapenya icon biggrin Tutorial  Vexel dengan Photoshop )
klik shape/layer tersebut, klik Layer->Create Clipping Mask atau Alt+Ctrl+G maaf ya kalo ngambarnya kurang jelas icon sad Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
coba perhatikan bagian layernya atau yang dilingkari merah dan perhatikan juga dibagian gambarnya, jadi lebih rapih kan??? Hehehe  icon biggrin Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Lanjut ke bagian bola matanya, oh iya sebelumnya tadi di grup dulu bagian matanya.
Untuk bagian bola mata saya tempatin shape/layernya diatas line art kalo dibawah soalnya bakalan ketutup ama line artnya, saya pake warna coklat untuk warna bola matanya :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Lakukan tracing seperti tadi, dan ingat bagian atas biasanya bagian paling terang :3
Bagian cahayanya saya pake shape/layer putih kaya gambar dibawah ini :
Klik Add layer mask lihat lingkaran merah
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Klik Brush Tool (B)
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Opacity dan Flownya saya kurangin biar kelihatan transparan pada saat maskingnya :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
saya masking bagian bagian tertentunya biar keliatan halusnya :3 dan lihat shape/layer yang dilingkari terdapat perbedaan ama yang lainnya. Teknik ini disebut Alpha Masking.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Didalam masking settingan Foreground yang hitam itu buat ngehapus, dan yang putih (Background) buat ngembaliin warna yang dimasking tadi, jadi kalo mau ngembaliin masking yang sempet kehapus tinggal balik aja settingan Foreground dan Background nya atau bisa juga pake Eraser Tool (E).
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Begitu seterusnya saya gunain di bagian bibir dan kulit, saya pake Clipping Mask sama Alpha Masking Dan untuk Alpha Masking hanya dibagian tertentu saja :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Bagian kulit
Gunakan beberapa warna/tone berikut
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Sebelum pake teknik Alpha Masking
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Shape/layernya
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Aktifkan kembali shape/layer untuk melihat bagian yang harus dimasking.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Dan inilah hasilnya.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Kalo udah tracing jangan lupa di Grup dulu biar kelihatan rapih :3
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
6.    Step 6
Step terakhir nih bagian rambutnya :3
Untuk rambut saya tracing manual gan pake tips yang lancip itu, dan seperti biasa layer paling atas paling gelap, jangan lupa kalo bagian rambut bikinnya dibagian grup yang udah diberi nama Hair tadi.
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Selesai dah !!! icon biggrin Tutorial  Vexel dengan Photoshop
 Tutorial  Vexel dengan Photoshop
Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan dari pengalaman saya sendiri, mohon maaf apabila dalam tutorial ini terdapat kesalahan baik dalam penulisan atau pun hal lainnya, karena disini juga saya masih belajar dalam hal ngevector dan terimakasih pada agan agan/sis yang udah pada mampir liat serta belajar dari tutor saya ini.

Semoga Bermanfaat
Share |

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet