Senin, 15 Agustus 2016

Cara Mudah Menginstall Windows 8/8.1 Lengkap Disertai Gambar Disetiap Langkahnya


Ada permintaan dari beberapa pembaca blog sederhana saya ini untuk membuatkan tutorial cara menginstall (ulang) windows 8 maupun 8.1.
Karena padatnya jadwal saya di dunia nyata bak seorang artis yang terkenal, membuat saya tidak sempat membuatkan tutorialnya, hehehe.
Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana sih cara menginstall windows 8/ 8.1 dengan mudah dan gak pakek ribet, asalkan anda membaca tutorialnya dengan seksama. Langkah demi langkahnya pun saya jelaskan dengan sedetail mungkin agar anda dapat memahami betul setiap langkahnya.
Antara windows 8 dengan 8.1 tidak jauh berbeda. Mungkin ada sedikit perbedaan diantara keduanya, seperti navigation properties, fitur pencarian, dan ukuran tile yang mempunyai ciri khas masing-masing.
Salah satu ciri khas yang paling menonjol dari windows 8.1 adalah, terdapat tombol start pada menu taskbar, dimana windows 8 tidak dilengkapi dengan fitur ini. Tapi tenang saja, cara menginstallnya sama kok, jadi anda tidak perlu khawatir. Yuuk, simak langkah-langkahnya sebagai berikut :

Sebelum memulai menginstall windows 8

  • Seperti biasa, siapkan DVD installer windowsnya.
  • Jika yang di install adalah laptop, saya sangat menyarankan agar anda mencolokkan charger laptop anda sekarang juga. Beresiko bila masih dalam proses instalasi, pas masih setengah jalan, eh tiba-tiba laptopnya mati.

Setting BIOS agar booting dari CD/ DVD

Pertama-tama anda harus setting BIOS agar booting pertama kali dari CD/ DVD. Biasanya kan booting pertama kali dari HDD, makanya anda harus mensettingnya terlebih dahulu sebagai berikut :
1. Nyalakan/ restart komputer atau laptop anda, kemudian tekan tombol DEL(Delete). Untuk masuk ke menu BIOS, tidak semua komputer/laptop menggunakan tombol yang sama.
Tombol lain yang bisa anda gunakan antara lain F1, F2, Fn+2, dan lain sebagainya, coba salah satu.
2. Akan muncul tampilan menu BIOS seperti gambar berikut ini. Ingat yah, tampilan menu BIOS pada setiap komputer/ laptop juga tidak semua sama. Selanjutnya, silakan pindah ke tab Boot dengan menggunakan tombol ◄ ►.
tampilan menu awal bios
3. Seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini, posisi HDD terletak di atas sendiri, hal tersebut berarti booting pertama kali dilakukan dari HDD. Maka dari itu, anda harus mengubahnya agar booting pertama kali dari CD/ DVD.
rubah posisi boot
4. Pilih CD-ROM Drive, kemudian gunakan tombol +/- untuk memindahkannya sampai berapa di posisi teratas seperti yang terdapat pada gambar dibawah ini.
jadikan CDROM sebagai firstboot
5. Jangan lupa yah, masukkan DVD installer windows 8 nya ke dalam DVDROM komputer/ laptop anda. Simpan konfigurasi yang telah anda lakukan dengan menekan tombol F10.
tekan F10 untuk menyimpan perubahan
Seperti yang pernah saya bilang sebelumnya, tidak semua tipe BIOS pada masing-masing laptop sama. Jadi jangan heran jika tampilan BIOS yang digunakan dalam tutorial kali ini berbeda dengan tampilan BIOS pada laptop/ komputer anda. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel mengenai BIOS yang pernah saya bagikan sebelumnya.
Langkah-langkah menginstall windows 8
Langkah-langkah untuk menginstall windows 8 tidak jauh berbeda dengan menginstall windows 10, sama-sama mudahnya kok, hehehe. Okey langsung saja, simak dengan seksama langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Untuk memulai instalasi, silakan tekan sembarang tombol. Oh yah, misalkan anda berjumpa lagi dengan tampilan seperti ini pada tengah-tengah proses instalasi, jangan tekan tombol apapun yah, nanti anda akan mengulang lagi proses instalasi dari awal loh.
tahapan pertama instalasi
2. Pilih Indonesian (Indonesia) pada Time and currency format. Untuk yang lainnya biarkan saja default, tidak usah diubah. Setelah itu pilih Next.
pilih timezone

3. Akan muncul tampilan seperti yang terdapat pada gambar berikut ini. Silakan pilih Install now.
pilih install now
4. Langkah selanjutnya yaitu memasukkan product key windows 8 nya, yang biasanya terdapat dalam satu paket sama DVD nya. Kemudian pilih Next.
masukkan product key windows 8
5. Jangan lupa centang I accept the licence terms, kemudian pilih Next untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
centang untuk setujui lisensi windows 8

6. Pada langkah berikut ini, silakan pilih Custom: Install Windows only (advanced).
cara menginstal windows 8
7. Bagi anda yang ingin melakukan install ulang, dimana komputer/ laptop anda pernah diinstall sistem operasi windows sebelumnya dan ingin agar data pada partisi lain tidak hilang, cukup delete Drive 0 Partition 2 (partisi C:) dan Drive 0 Partition 1 : System Reserved, buat partisi baru lagi, lalu pilih Drive 0 Partition 2 sebagai lokasi instalasinya, kemudian pilih Next. Lebih jelasnya, simak gambar berikut ini.
Bagi anda yang ingin melakukan install ulang windows 8, lewati langkah nomor 8-12 dan bagi anda yang komputer/ laptopnya belum pernah diinstall sistem operasi sama sekali, atau yang HDDnya masih kosong dan mulus, silakan lewati langkah nomor 7 ini.
pengaturan partisi
8. Seperti yang anda lihat pada gambar berikut ini, bahwa ruang HDD nya masih kosong. Yang perlu anda lakukan pada langkah berikut ini adalah mempartisi HDD anda menjadi beberapa partisi (tergantung keinginan anda, bisa 2,3 atau lebih partisi).
setting partisi
9. Untuk membuat partisi baru, silakan pilih Drive options (advanced) > New, tentukan ukuran partisi tersebut sesuai selera, kemudian pilih Apply. Jika HDD anda berukuran 320/ 500 GB, saya sarankan beri ukuran 100GB karena partisi berikut ini merupakan partisi system (partisi C:).
pilih Drive options (advanced) > New
10. Selanjutnya pilih OK untuk pembuatan system reserved partition.
pilih OK untuk pembuatan system reserved partition

11. Selanjutnya buat partisi lagi sesuai selera anda. Untuk langkah-langkahnya sama persis seperti pada langkah nomor 9 yaitu pilih Disk 0 Unallocated Space > New, lalu tentukan ukuran partisi tersebut, kemudian pilih Apply.
setting partisi
12. Pilih Drive 0 Partition 2 (partisi C:) sebagai lokasi instalasi windows 8 nya, selanjutnya pilih Next.
lokasi instalasi windows 8

13. Pada tahap berikut ini membutuhkan waktu kurang lebih 15 menitan dan komputer/ laptop anda akan restart beberapa kali selama proses berlangsung. Tunggu saja sambil dengerin musik atau ngemil keripik, hehehe.
loading
14. Selanjutnya beri nama pada PC anda, kemudian pilih Next. Dalam tahap berikut ini, anda juga dapat mengatur warna tema sesuai selera anda.
beri nama
15. Selanjutnya pilih Use express setting.
pilih Use express setting
16. Masukkan nama pengguna sekaligus passwordnya bila perlu. Tanpa password pun tidak masalah, tapi jika anda ingin agar tidak sembarangan orang dapat mengakses komputer/ laptop anda, sangat disarankan untuk memberinya password.
Untuk kolom Password hint, isikan kata atau kalimat yang memudahkan anda mengingat password anda, dikosongkan juga tidak masalah. Selanjutnya pilih Finish.
tambahkan password
17. Tunggu beberapa menit sampai anda disuguhkan pada tampilan dekstop seperti pada gambar berikut. Dan proses instalasi windows 8/ 8.1 pun selesai! 🙂
21
22
Tentunya ada beberapa hal yang harus anda lakukan setelah berhasil menginstall sistem operasi windows 8. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca artikel saya mengenai 3 hal yang harus dilakukan setelah menginstall sistem operasi windows, baik itu windows 7, 8, maupun 10.


Semoga Bermanfaat
Share |

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet