Sabtu, 24 Oktober 2015

Cara Mudah Membuat Penomoran Halaman Laporan TA

Ini dia nih bagi kalian yang lagi dalam proses pembuatan Tugas Akhir, yang lagi sibuk-sibuk buat laporan, kemungkinan mengalami salah satu kendala ini, yaitu mengatur halaman laporan yang peletakan nomor halaman nya kadang di atas, kadang dibawah, kadang di kanan, kadang dikiri. Nah disini kita akan membahasanya. Yuk disimak dan diikuti :). Contohnya disini, kita akan membuat penomoran halaman seperti ini.
ss-halaman1
Berikut langkah-langkah pembuatan penomoran halaman.

Langkah 1

Buka Microsoft Office Word, lalu buatlah dokumen baru.Untuk memberikan nomor halaman pada dokumen klik tombol Insert -> Page Number -> pilih format page number yang kita inginkan, misalnya di bagian bawah tengah.
ss-halaman2
Maka akan tampil seperti ini.
ss-halaman3

Langkah 2

Lalu atur format nomor halaman yang kita inginkan, yaitu dengan format romawi, caranya klik page number -> format page number.
ss-halaman4
Pada kotak dialog yang muncul , ganti format dengan angka romawi -> tekan tombol OK.
ss-halaman5

Langkah 3

Kembali ke dokumen, dengan cara klik 2x mouse di area halaman dokumen.
ss-halaman6
Untuk mendapatkan halaman berikutnya , tekan tombol enter sampai kehalaman dua (2) dan tiga (3), maka otomatis nomor halaman akan berurutan. Di halaman tiga (3), kita akan mengganti format tanggal dengan angka biasa, dapat kita lakukan dengan cara memutuskan hubungan antar halaman kedua dan ketiga. Cara nya kursor aktif di halaman kedua -> klik page layout -> break-> next page.
ss-halaman7

Langkah 4

Setelah itu kursor akan pindah sendirinya kehalaman tiga (3). Aktif di penomoran halaman tiga dengan cara klik 2x pada penomoran halaman tiga (3).
ss-halaman8
Lalu non-aktifkan tombol link to previous yang aktif.
ss-halaman9

Langkah 5

Setelah link to prevous non-aktif, atur kembali penomoran dengan cara klik page number -> format page number.
ss-halaman10
Pada kotak dialog page number yang muncul atur format angka menjadi angka biasa dan klik tombol start at gantilah dengan angka satu (1) -> OK.
ss-halaman11
Maka otomatis nomor halaman akan terganti dengan angka satu (1).
ss-halaman12

Langkah 6

Untuk mendapatkan penomoran selanjutnya, aktif pada dokumen kembali lalu tekan tombol enter, maka akan mengurut ke halaman dua (2).
ss-halaman13
Untuk membuat penomoran halaman dua (2) terletak di bagian atas, caranya sama seperti langkah kedelapan, tapi disini kita aktif di halaman satu (1) bukan romawi ya, karena kita mau memutuskan hubungan antara halaman satu (1) dan dua (2), jadi aktif di halaman satu (1) -> klik page layout -> break -> next page.
ss-halaman14

Langkah 7

Kursor otomatis akan pindah kehalaman dua (2) , lalu klik 2x di bagian penomoran yang telah ada di bagian bawah , lalu nonaktifkan link to previous.
ss-halaman15
Setelah link to prevoius di nonaktifkan, hapus penomoran yang ada. Kemudian lanjut klik di bagian atas karena kita akan memberikan penomoran halaman di bagian atas, saat aktif di penomoran atas link to previous juga aktif, kita nonaktifkan kembali agar penomoran yang lainnya tidak ikut.
ss-halaman16

Langkah 8

Lalu berikan penomoran di bagian atas dengan cara klik page number -> pilih top of page -> pilih bagian kanan.
ss-halaman17

Hasil akhir :)

Agar nomor yang kita tambahkan tadi menjadi nomor dua (2) , atur kembali menggunakan page number -> format page number -> klik continue from previous section (karena kita akan melanjutkan ke penomoran berikutnya dari nomor satu (1) ke nomor dua (2).
ss-halaman18
Setelah menekan tombol Ok makan penomoran akan berubah sesuai dengan nomor selanjutnya yaitu nomor dua (2). Nah, mungkin itu saja pembahasan Cara Membuat Penomoran Halaman Laporan TA. Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba :).

http://news.palcomtech.com/cara-mudah-membuat-penomoran-halaman-laporan-ta/


Semoga Bermanfaat
Share |

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet