Sabtu, 24 Oktober 2015

Membuat Daftar Pustaka Otomatis menggunakan Microsoft Word

Pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang pembuatan daftar pustaka secara otomasi, ini sangat diperlukan oleh mahasiswa yang sedang PKL ataupun tugas akhir begitu juga dosen untuk membuat penelitian ataupun jurnal. Selain membuat daftar pustaka otomatis juga akan dijelaskan cara mencitasi sebuah referensi dari daftar pustaka sehingga bila terjadi kesalah anda cukup mengubah daftar pustakanya saja dan citasinya akan mengikuti dengan sendirinya sehingga tidak akan ada kesalahan atau perbedaan citasi dan yang ada di dalam daftar pustaka. Oke untuk mempersingkat waktu langsung saja simak tutorial berikut ini.

Langkah 1

Klik menu Reference -> Insert citation -> add new source.
Screen shot 2015-08-04 at 1.48.11 AM

Langkah 2

Ada beberapa style dalam pembuatan daftar pustaka caranya pilih style kemudian pilih salah satu style yang ada. Disini kita pilih style APA (AMERICAN PSYCHOLOGICAL ASSOCIATION)/Harvard style yang sering digunakan. Untuk style yang lain caranya sama saja.

Screen shot 2015-08-04 at 1.48.19 AMLangkah 3

Setelah tahu cara penulisan APA style kita lanjut insert citation -> add new source, muncul kotak dialog seperti dibawah ini. Contoh Referensi dari Jurnal:
Screen shot 2015-08-04 at 1.48.23 AM

Langkah 4

Pilih type of source: untuk jurnal pili jurnal article, author untuk pengarang bila lebih dari 2 pengarang gunakan tanda “ ; “, conteng coorporate bila dari perusahaan, title untuk judul , journal name untuk nama jurnal, year untuk tahun dan page untuk halaman jurnal.
Contoh Referensi dari buku
Screen shot 2015-08-04 at 4.14.06 AM
Untuk type of source yang lain bisa dicoba sendiri caranya sama.
Setelah menyimpan semua referensi source siapkan halaman daftar pustaka, caranya seperti dibawah ini.
Screen shot 2015-08-04 at 1.51.25 AM
Maka akan muncul semua source yang telah kita buat.
Screen shot 2015-08-04 at 1.51.34 AM
Untuk melakukan citasi buatlah halaman untuk melakukan citasi.
Screen shot 2015-08-04 at 1.51.52 AM
Maka akan tampil seperti gambar di bawah ini.
Screen shot 2015-08-04 at 1.51.56 AM
Untuk mengubah referensi yang ada klik manage.
Screen shot 2015-08-04 at 1.52.02 AM
Kemudian dihalaman daftar pustaka klik kanan update files maka halaman daftar pustaka sdh terupdate begitu juga dengan citasinya.
Screen shot 2015-08-04 at 1.52.10 AM
Halaman Daftar pustaka yang sudah terupdate.
Screen shot 2015-08-04 at 1.53.04 AM
Halaman Citasi yang sudah terupdate.
Screen shot 2015-08-04 at 3.06.03 AM
Demikianlah tutorial kita kali ini tentang bagaimana Membuat Daftar Pustaka Otomatis menggunakan Microsoft Word, Selamat mencoba, semoga bermanfaat bagi kita semua

 http://news.palcomtech.com/membuat-daftar-pustaka-otomatis-menggunakan-microsoft-word/

Semoga Bermanfaat
Share |

0 komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa tinggalkan komentar

Tugas Internet